Kamis, 03 Maret 2016

Cara ternak cacing

Cara ternak cacing

Caraternak cacing tidaklah sulit, pada habitat aslinya cacing menempati permukaan tanah hingga kedalam tanah terdalam. Tempat dan habitat asli cacing membuat mereka merasa nyaman karena tempat ini terhindar dari sinar matahari langsung. Cacing tanah menyukai tanah yang gelap, gembur dan mengandung banyak serasah.

Ternak cacing tanah memang membutuhkan beberapa persiapan, agar saat memulai akan lebih terasa mudah, berikut adalah beberapa langkah :
Pembuatan medium, Hampir semua jenis cacing tanah menyenangi bahan-bahan organic yang mudah membusuk, seperti : batang pisang, jerami, eceng gondok, serbuk gergaji, rumput, sekam padi, sampah organik, kompos dan kotoran ternak.

      Bahan yang dipakai untuk Budidaya Cacing Tanah adalah campuran kompos dengan beberapa bahan organik. bahan-bahan tersebut dicampur dan dimasukan hingga mencapai ketinggian 15 cm. tambahkan air secukupnya agar media hidup cacing tanah ini gembur dan basah. Campurkan dan Aduk semua bahan tersebut sampai merata, sehingga terjadi proses fermentasi.Setelah kurang lebih empat minggu, campurkan kotoran hewan ke dalamnya dengan perbandingan 70% media hidup dan 30% kotoran hewan. bisa ditambahkan kapur sebanyak 1% dari media hidup untuk mendapatkan pH netral. Apabila Media sudah dianggap cocok apabila pH nya mencapai 6,0 – 7,2  juga tingkat kelembaban 15 – 30 % dan suhu antara 15 – 25Âșc.
Kemudian masukkan cacing tanah ke dalamnya. Cacing yang dimasukkan seberat media hidup yang telah disediakan. Bila medianya mencapai 3 kg, maka cacing yang dimasukkan ke dalamnya juga 3kg (media dan cacing sebanding). agar tidak terjadi kekeringan, permukaan media dilapisi plastik, karung, atau bahan lain yang tidak tembus cahaya.
Agar bisa hidup dan berkembang dengan baik, setiap hari cacing harus mendapat suplai makanan yang dibutuhkan. Makanan tersebut berupa kotoran hewan, baik kotoran sapi, kambing atau ayam. Banyaknya makanan yang dibutuhkan adalah seberat cacing yang dimasukkan ke dalam kotak pemeliharaan. Jika berat cacing mencapai 3 kg, maka pakan yang diberikan juga 3 kg.
Sebelum dimasukkan ke dalam kotak pemeliharaan, pakan cacing harus dijadikan bubuk atau bubur. Untuk bubur, perbandingan air dengan pakan adalah 1:1, setelah dicapur, bahan itu diaduk hingga rata. Bubur pakan ditaburkan secara merata di atas 1/3 bagian permukaan media hidup cacing tanah.

ternak cacing tanah


Tidak ada komentar:

Posting Komentar