Jumat, 04 Maret 2016

Inilah rahasia manfaat budidaya cacing tanah yang jarang diketahui


Budidaya cacing tanah mungkin terdengar tidak biasa, sering kali yang kita tahu seputar dunia budidaya adalah budidaya lele, budidaya bebek, budidaya kroto, budidaya ayam dan lain sebagainya. Namun tahukah anda? ternyata budidaya cacing tanah memiliki segudang manfaat menguntungkan. Apalagi jika memang sudah terjun langsung kedalam bisnis cacing tanah ini.

Untuk beberapa industry pengolahan, cacing tanah merupakan bahan baku yang sangat dibutuhkan. Kebutuhan pasokan cacing tanah bisa mencapai seratus ton setiap bulannya. Hal ini membuat peluang ternak cacing tanah menjadi peluang usaha sangat prospek untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Di beberapa masyarakat tertentu, cacing diyakini ampuh mengobati berbagai macam penyakit seperti tifus, demam, stroke dan nyeri perut. Berdasarkan pengalaman tersebut kini cacing dijadikan bahan baku obat-obatan bagi industri herbal, hal ini sudah banyak diaplikasikan oleh banyak Negara seperti jepang dan cina.
Selain sebagai obat, manfaat lain daric acing adalah sisa kotoran cacing atau biasa disebut dengan bekas cacing (kascing) dapat digunakan sebagai pupuk organik penyubur tanaman dan ramah lingkungan. Kandungan mineral dan zat-zat kaya manfaat dari kascing dapat menjadi alternative pengganti pupuk-pupuk kimia yang beredar di pasaran.
Cacing tanah juga digunakan sebagi bahan baku pembuatan kosmetik, menurut beberapa ahli cacing memiliki kandungan zat alami yang dapat melembutkan dan menghaluskan kulit juga dapat meregenerasi penuan sel kulit. Negara italia dan perancis memanfaatkan cacing sebagai bahan baku pembuatan beberapa kosmetik high class produksi mereka.
Kebutuhan cacing tanah pada sektor pertanian dan peternakan kini pun cenderung menuju trend positif. Seiring melambungnya harga pupuk pertanian dan pakan ternak, para petani beralih kembali menggunakan cacing sebagai alternatif murah dan alami.  Hasil panen cacing dapat diolah menjadi tepung cacing pengganti tepung ikan untuk pakan ternak. Dan cacing segar dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak lele.
Peluang usaha cacingtanah belum banyak di sadari masyarakat, padahal permintaan cacing tanah semakin hari semakin bertambah. Nah ini adalah kesempatan bagi anda yang ingin memulai budidaya cacing tanah, jangan tunda kesempatan emas ini sebelum kompetitor anda memulai lebih dulu dari anda. segera hubungi kami untuk mendapatkan bibit cacing tanah berkualitas dengan harga terjangkau. Tunggu apalagi segera hubungi kami dan pelajari cara budidaya cacing tanah kepada kami.


ternak cacing tanah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar