Minggu, 06 Maret 2016

Pengaruh musim kemarau terhadap budidaya cacing tanah


Cacing tanah sering ditemukan keluar dari liangnya dan berkeliaran di jalan, kebun, atau trotoar setelah hujan. Setelah hujan, permukaan tanah menjadi lembab. Hal ini menguntungkan cacing sehingga mereka tertarik untuk muncul ke permukaan. Namun, sebaliknya jika musim panas tiba, sinar matahari yang membakar menyebabkan cacing kesulitan berkembang.
Kulit cacing dilapisi lendir untuk memfasilitasi pertukaran gas dalam pernapasan. Dengan demikian, kulit cacing harus selalu lembab. Memasuki musim panas, kondisi media ternak cacing tanah umumnya panas dan kering yang akan membuat kulit cacing kehilangan kelembaban dan membuatnya tidak bisa bernapas. Inilah yang harus diwaspadai para peternak cacing agar lebih berhati-hati.
Masalah utama pada saat musim kemarau adalah kekeringan terjadi pada tanah tempat media budidaya cacing dan kurangnya pasokan air yang dibutuhkan oleh cacing sehingga cacing tidak bisa bertahan hidup lebih lama. Maka dari itu para peternak cacing harus mengetahui cara ternak cacing yang baik saat memasuki musim kemarau tiba.
Semakin besar media tanah yang terkena sinar matahari langsung, semakin besar pula resiko yang di dapatkan. Sehingga untuk antisipasi segera lakukan pengecekan, berikan air secukupnya pada media tanah yang digunkan sehingga kulit cacing tetap lembab, namun harus diperhatikan pula agar air yang diberikan tidak sampai menggenangi media.
Bagi anda yang ingin mengetahui cara budidaya cacing ataupun membutuhkan bibit cacing. Segera menghubungi kami untuk mendapatkan penawaran terbaik dari kami. Semoga sukses selalu untuk anda. pesan kami jika anda berminat budidaya cacing tanah, segera action, mencoba budidaya sambil belajar.


cara ternak cacing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar